Kubah Masjid Putih

Kubah Masjid Putih

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia harus bangga dengan keberadaan kubah masjid terbesar di dunia. Sandaran kubah masjid terbesar ini terletak di Masjid Agung Masjid Raya Al-A’zhom. Masjid, yang dibangun di atas 2,25 hektar dan luas bangunan 5.775 meter persegi, memiliki tempat parkir yang cukup besar untuk mencapai 14.000 meter persegi. Lokasi berada di Kota Tangerang, Pantin.

Masjid Raya Al-A’zhom dapat menampung hingga 15.000 orang percaya dan menjadikan Masjid Raya Al-A’zhom masjid terbesar di kota Tangerang. Pembangunan masjid bergaya Timur Tengah ditandai dengan peletakan batu fondasi pada 7 Juli 1997 oleh walikota Tangerang, Dakria MacMod. Aqil Hussain Al-Munawar mengatakan pada tahun 2003 bahwa pembukaan masjid, yang menelan biaya 28 miliar rupee, dibuka oleh Menteri Agama Republik Indonesia saat itu.


Kubah masjid yang sangat besar. Selain itu, dukungannya tidak didukung oleh bilah. Struktur kubah utama didukung di tengah dengan empat kubah setengah lingkaran kecil di sekitarnya. Kubah utama masjid diyakini sebagai kubah masjid terbesar di dunia, dengan panjang 63 meter. Di masjid, peziarah dapat melihat 5 kubah emas dengan motif linier. Kelima kubah mencerminkan komitmen dari shalat lima waktu dalam Islam.

Di luar ada 4 pilar menara yang melambangkan empat pilar pengetahuan, yaitu bahasa Arab, Syariah, sejarah, dan filsafat. Ketinggian menara masjid, yang mencapai 30 meter, melambangkan jumlah 30 bagian Alquran. Ada juga menara tinggi batu-batu berharga yang melambangkan pilar iman hingga 6 meter.

Ukurannya, Masjid Raya Al-A’zhom, sering digunakan sebagai pusat kegiatan artistik dan liburan keagamaan Islam. Bahkan, berbagai perusahaan produksi sering menggunakan masjid ini sebagai lokasi untuk program keagamaan di TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *